Kelebihan Abalone (Kerang)

Pernahkan mencicip hidangan kuliner yang tidak hanya bercita perasaan lezat, tetapi sekaligus juga bermanfaat buat kesehatan? Coba rasakan kuliner yang memiliki bahan abalone. Type kuliner ini tengah nge-tren sekarang ini di Jakarta. Beberapa resto populer mulai menyediakan menu eksklusif abalone ini. Lihat saja deretan menu kuliner yang di tawarkan. Misalnya Abalone and duck liver combination, Sauted diced abalone and prawn, atau Abalone and Duck Liver Combination. Semua kuliner barusan memiliki bahan serba abalone.

Baca Juga : obat kuat makassar


Harga Masakan Abalone yang Relatif Mahal

Tidak hanya bercitarasa lezat, unik serta struktur selembut sutra, hidangan ini bermanfaat buat kesehatan. Abalone (Halloitis) sendiri adalah spesies langka, serta diakui menjadi salah 1 simbol kemakmuran buat bangsa Cina. Sayangnya kuliner ini termasuk juga langka serta mahal. Harga satu porsi menu abalone di resto Indonesia mempunyai rata-rata harga 1/2 juta rupiah. Di luar negeri, abalon bahkan juga jadi makanan eksotik yang bernilai mahal. Satu restoran di Hongkong bahkan juga berani memajang menu produknya bernama “Abalone with Congee” di internet dgn harga US$82 (lebih dari Rp 700.000,00).

Kelangkaan serta nilai ekonomis abalon membuat menjadi komoditi prestise buat yang mengonsumsinya. Tidak bingung bilamana abalone atau ‘Sea Ear’ atau ‘kuping laut’ ini, jadi salah 1 kuliner prestise yang dicari orang sekarang ini.

Apa keunggulan abalone?

1- Abalone ialah semacam kerang-kerangan (mollusca) yang diketahui menjadi kerang mata tujuh atau siput balik batu (Haliotis asinina). Di Cina kerang ini diketahui menjadi ‘Pao Yu’, menjadi ‘Awabi’ di Jepang, ‘Loco’ di Amerika Selatan, ‘Muttonfish’ di Australia, serta menjadi ‘Paua’ di Selandia baru.

2- Abalone ini dipandang seperti salah 1 makanan spesial di banyak negara misalnya Chilli , Amerika Latin, Asia Tenggara, China, Jepang serta Korea. Termasuk juga penggemar kuliner di Indonesia. Daging abalon memiliki nilai gizi yang cukuplah tinggi. Daging kuliner prestise ini mempunyai kandungan protein 71,99%, lemak tiga,20%, serat lima,60%, serta abu sebelas,11%.

3- Hidangan menu abalone diketahui menjadi kuliner exclusive di dunia. Proses memasak abalone juga tidak gampang. Beberapa koki abalone memerlukan durasi seputar 1 sampai dua bulan sebelum abalone siap diolah selanjutnya. Ada tehnik tertentu untuk memasak abalone ini hingga bercita perasaan lezat serta prestise. Jika tidak karena itu abalone akan berasa keras atau alot waktu disantap.


4- Abalone jadi komoditas perikanan berharga tinggi. Abalone sedikit diketahui warga. Pemanfaatannya baru hanya terbatas di beberapa daerah tersendiri, terutamanya di wilayah pesisir. Abalone diketahui di Indonesia sisi Timur, misalnya Bali, Lombok, Sumbawa, Sulawesi, Maluku, serta Papua.

5- Abalone cuma bisa didapati di kedalaman laut tersendiri. Dia adalah binatang herbivora, yakni binatang pemakan tumbuh-tumbuhan serta aktif makan pada situasi gelap. Abalone mengonsumsi seaweed/makro alga yang berkembang di laut, yakni makro alga merah (Red seaweeds), alga coklat (Brown seaweeds), serta alga hijau (Green seaweed).

6- Tidak cuma daging abalone saja yang berkualitas dunia, cangkangnya yang berwarna warni juga memiliki nilai estetika tinggi. Banyak dipakai untuk perhiasaan, kancing pakaian, serta bermacam-macam barang kerajinan yang lain dari cangkang abalone.

7- Kegunaan lain dari abalone ialah untuk produk kecantikan, untuk revitalisasi kulit, kurangi kerutan, menolong memutihkan muka, mengawasi kelembapan beberapa sel kulit muka, dan menolong pemulihan sel. Beberapa dibikin dlm bentuk krim, atau kombinasi bahan kecantikan.

Permasalahan Budidaya Abalone
Masalah :

Kepunahan abalone di alam waktu saat ini alami penurunan mencolok. Waktu saat ini tertera menjadi spesies yang terancam punah. Perlindungan pada abalone di sejumlah negara telah mulai ketat dikerjakan. Di AS, penangkapan abalone sudah di stop. Kerang abalone sendiri riskan pada pencemaran misalnya pencemaran industri, tambak ataupun dari warga. Abalone bahkan juga dapat mati dengan massal.

Produksi abalon yang banyak didapat dari tangkapan di alam, memunculkan kehawatiran penurunan populasi di alam. Ditambah lagi perkembangan abalone di alam begitu lamban. Sekarang ini di kembangkan usaha budidaya ke dua type abalon Indonesia untuk kurangi penangkapan abalone langsung dari alam. Type abalone budidaya ialah type Haliotis squamata serta H. asinina. Kedua-duanya adalah abalone original perairan Indonesia.

Budidaya jadi penting dikerjakan. Ditambah lagi waktu pemeliharaannya termasuk begitu lama untuk sampai ukuran mengkonsumsi, yakni seputar delapan bulan. Umumnya untuk menangani waktu budidaya yang lumayan lama ini, budidayanya terpadu dgn komoditi lain. Misalnya dgn rumput laut kotoni atau karamba ikan kerapu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kenapa Gigi Bungsu Baru Tumbuh di Usia Dewasa?

jenis madu yang baik

4 Trend Diet Sehat yang Harus Kamu Coba di Tahun 2019